Qur’an Camp di Kampung Qur’an Shalahudin Al-Ayyubi

Qur’an Camp di Kampung Qur’an Shalahudin Al-Ayyubi

Bandung (04/01/2020) Santri Kampung Qur’an Shalahudin Al-Ayyubi melaksanakan kegiatan Qur’an Camp yang dilaksanakan di Lahan terbuka Kampung Qur’an Shalahudin Al-Ayyubi yang beralamat di Kp. Cisalak rt 06 Rw 03 Des. Jatidari, Kec. Cangkuang,  Kab. Bandung. Kegiatan ini di mulai hari Sabtu pukul 13.00 WIB dengan memberikan pembekalan cara mendirikan tenda, kemudian para santri mendirikan tenda masing-masing.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan melatih kemandirian santri, dimana mereka harus menyiapkan makanan untuk setiap regu, para santri disediakan alat-alat dan bahan masakan kemudian para santrilah yang menyiapkan masakan untuk mereka bersantap makan sore.

 

Setelah pukul 17.00 WIB para santri mengisi kegiatan dengan muraja’ah hafalan mereka dari juz 30 sampai juz 29 di tenda masing-masing sampai menunggu shalat Magrib berjamaah yang akan di pimpin oleh Ust. Aripin S.Pd sebagai Pembina para santri di Kampung Qur’an Shalahudin Al-Ayyubi.

 

Selepas menunaikan sholat magrib berjamaah barulah para santri menerima pengarahan dan motivasi sampai waktu shalat Isya, selepas sholat Isya para santri melanjutkan kegiatan menghafal bersama kelompok masing-masing sampai jam 21.00 WIB.

 

Kegiatan dimulai kembali pukul 21.10 WIB dengan agenda setoran hafalan di temani api unggun yang sudah dinyalakan, setiap santri menyetorkan hafalannya kepada Ust. Aripin, setelah itu dilanjutkan degan agenda tadabbur ayat dan tafakur alam, dimana dimaksudkan untuk memotivasi para santri untuk lebih dekat dengan al-qur’an dimanapun mereka berada dan memupuk keimanan dihati para santri.

 

Pukul 11.00 para santri beristirahat dan tidur, kegiatan dimulai kembali pada jam 03.30 para santri melaksanakan sholat  tahajjud dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah dan dzikir pagi, kegiatan dilanjutkan kembali dengan tasmi juz 30 berjamaah dan ditemani susu jahe hangat.

 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan olahraga pagi untuk kebugaran para santri,

Setelah berolahraga para santri bermain game sambung ayat perkelompok dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah untuk kelompok yang menang.

Pukul 08.00 para santri diarahkan untuk oprasi semut sekitar lahan tempat kegiatan Qur’an Camp, setelah selesai oprasi semut para santripun membereskan tenda dan peralatan masing-masing sebagai tanda bahwa acara Qur’an Camp akan selesai. Dan pada pukul 08.30 acara Qur’an Camp pun telah selesai.

Alhamdulillah.

Bagikan sekarang

Tinggalkan Balasan