Masak Apa Nek Hari Ini?

Masak Apa Nek Hari Ini?

Hari ini (15/05/2020) Allah mengizinkan saya untuk ikut salah satu tim yang menyebar beras dan hidangan berbuka puasa untuk saudara kita yang yatim dan dhuafa. Sore hari, kami tiba di titik penyebaran terakhir hari ini, di daerah Cisanti, hulu sungai citarum. Hawa dingin begitu terasa di desa sederhana nan bersahaja ini.

Pkl 17.30 sekitar 15 menit sebelum adzan magrib berkumandang, sampailah kami di sebuah rumah sangat sederhana dari kayu. Seorang nenek tinggal bersama suaminya yang hanya bisa berbaring tak berdaya akibat penyakit yang entah apa, selama beberapa tahun ini. “Darimana Cep uangnya kalau mau periksa, jadi belum pernah Bapak diperiksa sakit apa?”
“Ibu hari ini shaum?”
“Alhamdulillah Shaum”

“Ibu udah masak?”
“Alhamdulillah Cep udah”

“Masak apa bu hari ini?”
“Ya seadanya aja Cep, yang ibu mampu”

Sengaja saya menengok ke dapur sang nenek, yang begitu sederhana, dengan kompor hawu. Di atas hawu, ada panci berisi air yang sedang dimasak. Juga ada sepiring nasi bekas di lantai dapur yang begitu sederhana itu, dengan sendok pertanda nasi bekas itu siap disantap. Yaa Allah, padahal adzan sebentar lagi berkumandang.

Saya pun kembali melihat wajah nenek yang kini menatap saya dengan teduhnya, mata yang kini begitu berkaca-kaca. Hampir-hampir air matanya tumpah ke pipi.

Yaa Allah, begitu girangnya nenek ketika kami memberikan paket rendang dan gulai untuk keluarga ini. Juga paket beras untuk keluarga Indonesia titipan engkau para sahabat tendavisi.

Terima kasih ya sahabat, atas izin Allah, Engkau telah membuat sepasang suami istri ini begitu bahagia. Kami menjadi saksi begitu gembiranya mereka, hingga doa-doa kebaikan untuk Engkau terus terucap dari lisan mereka.

Terima kasih ya sahabat, salam dan doa dari sang nenek untuk Engkau sekeluarga.

Friandha Insan Firdaus

Bagikan sekarang

Tinggalkan Balasan