Ingin Kembali Belajar

Ingin Kembali Belajar

Bismillaah..

Assalamu’alaikum Kak…

Sudah lebih dari 3 bulan nampaknya pembelajaran di MDT Muhammad Al-Fatih terdampak karena adanya wabah covid-19. Mungkin bagi sebagian orang pembelajaran daring dapat menjadi solusi pembelajaran yang efektif di masa pandemi ini. Mereka tetap bisa belajar dan berinteraksi dengan gurunya meski jarak memisahkan. Materi-materi yang diberikanpun dapat tersampaikan lewat penggunaan media interaktif yang dapat di akses melalui komputer dan gadget.

Tapi semua itu tak bisa dirasakan oleh seluruh santri di MDT Muhammad Al-Fatih. Hanya segelintir dari mereka yang memiliki fasilitas gadget. Dari sedikit santri yang memilki gadget pun tak semuanya memilki akses internet. Kita pahami sendiri bahwa untuk melakukan pembelajaran daring diperlukan kuota internet yang cukup besar.

Seperti yang kita tahu, mayoritas anak-anak yang bersekolah di MDT Muhammad Al-Fatih merupakan mereka yang berstatus dhuafa. Jangankan untuk membeli kuota internet untuk pembelajaran daring, dapat makan tiga kali sehari dengan lauk pauk yang bergizi pun sudah merupakan hal yang mewah bagi mereka.

Satu hal yang mebuatku salut pada mereka. Ditengah keterbatasan ini selalu ada saja cara mereka untuk tetap dapat belajar. Ada yang ikut dengan temannya yang memiliki gadget, bahkan ada yang datang langsung ke Rumah Bu Ai untuk sekedar meminta materi ataupun soal-soal latihan.

Mungkin itulah yang terjadi ketika ilmu telah menjadi candu yang merasuki jiwa. Bila dihari-hari normal mereka bertemu dan belajar bersama, maka ditengah pandemi ini mereka pun tetap berjuang dan tolong menolong agar mereka tetap dapat belajar :’)

Sebagai penutup, ingin rasanya sedikit menyampaikan betapa bahagianya mereka ketika dapat kembali berkumpul untuk sekedar sedikit mengulang hafalan bersama, berbagi canda dan senyum bersama, sembari menerima laporan hasil belajar mereka selama semester ini. Lebih lengkapnya bisa Kakak-Kakak lihat di IGTV @tevis_id ya😊

Terimakasih kak telah menjadi partner kolaborasi kebaikan untuk para Adik-Adik Asuh…

Semoga Allah segera mengagkat wabah penyakit ini agar kita dapat kembali beraktivitas dengan nyaman. Aamiin…

Bagikan sekarang

Tinggalkan Balasan